Minggu, 17 Agustus 2014

Pandawa Kalah PERMAINAN ( Main ) DADU

Duryudana sakit hati dan pulang ke Hastina. Sengkuni lalu menyusun rencana untuk mempermalukan Pandawa. Kebetulan Yudistira suka bermain dadu dan tidak menolak saat Duryudana mengundangnya ke Hastina untuk bertanding melawan Sengkuni. Mula-mula mereka bertaruh kecil-kecilan dan Yudistira selalu kalah. Sampai akhirnya seluruh kekayaan Indraprasta berpindah ke tangan Duryudana yang diwakili Sengkuni.
Yudistira kemudian mempertaruhkan adik-adiknya satu per satu, sampai akhirnya dirinya sendiri pun jatuh pula. Terakhir ia mempertaruhkan Drupadi dan jatuh pula ke tangan Kurawa. Duryudana menyuruh Dursasana menyeret Drupadi yang beristirahat di kamar tamu. Dursasana kemudian menjambak Drupadi dan menyeretnya ke balai perjudian. Tidak hanya itu, Drupadi kemudian ditelanjangi, tapi ditolong Kresna yang mengiriminya pakaian secara gaib.
Gendari muncul dan meminta Duryudana membatalkan perjudian. Duryudana bersedia demi ibunya. Tapi ia kemudian mengajak Pandawa bermain dadu sekali lagi. Kali ini yang kalah harus menyerahkan kerajaannya dan mengasingkan diri ke hutan selama dua belas tahun, serta hidup menyamar selama setahun. Jika penyamaran itu terbongkar, maka harus mengulangi lagi hidup di hutan dua belas tahun dan menyamar setahun, begitulah seterusnya.
Dalam permainan kedua ini lagi-lagi Pandawa kalah dan harus menjalani hukuman. Kelima Pandawa pun berangkat ke hutan bersama Drupadi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar